KOMPONEN DASAR KOMUNIKASI, FAKTOR PENGHAMBAT KOMUNIKASI, DAN CIRI-CIRI KOMUNIKASI YANG BAIK




RESUME

Disusun Guna Memenuhi salah Satu Tugas Mata Kuliah
Komunikasi Antar Pribadi
Dosen Pengampu : Lilis Ratna,S.Pd.

Oleh,
Azmi Hanifah
1301411065
Rombel 1


JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011



A.    Komponen Dasar Komunikasi
Komponen komunikasi yang terpokok diantaranya yaitu :
1. Komunikator, yaitu orang yang mengkomunikasikan atau menghubungkan         suatu pesan kepada orang lain.
2. Komunikan, yaitu orang yang menerima pesan.
3. Pesan, yaitu berupa gagasan, pendapat dan sebagainya yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk, dan melalui lembaga komunikasi diteruskan kepada orang lain atau komunikan.

Di samping komponen-komponon pokok tersebut dapat ditambahkan komponen lainnya seperti :
a) Sumber, asal suatu gagasanatau pendapat yang menjadi suatu pesan. Sumber bisa berupa lembaga, kejadian, atau diri kita sendiri.
b) Media komunikasi, yang merupakan sarana atau alat-alat atau saluran-saluran yang dipergunakan untuk menyalurkan pesan yang akan dikomunikasikan.
c) Kegiatan encoding, artinya menuangkan gagasan atau pendapat dalam suatu bentuk pesan yang dinyatakan oleh komunikator kepada komunikan.
d) Kegiatan decoding, artinya kegiatan untuk memahami suatu pesan yang diterima oleh komunikan dari komunikator.
e) Tujuan yang berupa komunikan, bisa merupakan hadirin, massa, atau kelompok, atau pula perseorangan.

B.     Faktor Penghambat Komunikasi
Faktor Penghambat Proses Komunikasi terdiri dari banyak faktor, antara lain :

a. Faktor psikologis, meliputi:
• Sikap
• Minat
• Pendapat
• Kepercayaan
• Intelegensi


   Faktor Psikologis, meliputi:
     ● Kelelahan
     ● Cacat tubuh
● Keterbatasan daya indera, dan Iain-lain.

  Faktor Kultural, meliputi:
● Perbedaan adat-istiadat
● Nilai-nilai yang berlaku (panutan)
● Norma-norma sosial, dan Iain-lain.

  Faktor Lingkungan, meliputi:
● Situasi tempat pelaksanaan proses komunikasi
● Kondisi tempat pelaksanaan proses komunikasi

C.     Ciri Komunikasi yang baik
   1. Berbicaralah dengan jelas.
   2. Dengarkanlah apa yang diucapkan lawan bicaramu dan berikan respon     yang baik. Pandanglah lawan bicaramu.
   3. Peliharalah kontak mata pada tingkatan yang sama-sama antara terus menatap dengan saling menghindari tatapan. Cobalah menangkap petunjuk-petunjuk tentang bagaimana yang leluasa bagi lawan bicaramu.
   4. Berupayalah semampumu untuk memahami apa maksud lawan bicaramu, kalau ada sesuatu yang tidak kamu pahami, tanyakanlah.
   5. Pekalah terhadap bahasa tubuh dan petunjuk-petunjuk lisan-punyamu maupun lawan bicaramu. Tampillah peka dan berminat. Amatilah tanda-tanda kalau lawan bicaramu kehilangann minat, ingin mengubah topiknya atau perlu mengakhiri percakapannya.
   6. Berikanlah umpan baik kalau diminta. Mintalah juga umpan balik.
   7. Berikanlah contoh-contoh untuk mendukung apa maksudmu.
   8. Berikanlah pendapatmu kalau diminta.
   9. Bergantianlah berbicara.
  10. Sesuaikanlah tingkat dan bahasa lawan bicaramu. Umpamanya, kamu tentu akan berbicara dengan cara yang berbeda kepada seorang anak daripada kepada seorang dewasa (gunakan kata-kata dan kalimat yang sederhana, bukan omongan bayi).
  11. Dengarkanlah permintaan lawan bicaramu (ini tidak selalu datang dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan langsung).
  12. Gunakan intuisimu. Terkadang kata-kata tidak perlu dan kamu bisa berkomunikasi dengan perasaan, ekspresi, gerak-gerik.

Ciri-ciri komunikator yang baik

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk menjadi seorang komunikator yang baik, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami yakni seorang komunikator yang baik perlu menyusun dengan baik isi pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tersebut mudah dimengerti oleh pihak penerima. Komunikator yang baik juga harus mengetahui mana media yang paling tepat untuk mengirimkan pesan kepada penerima dan harus tahu bagaimana cara mengantisipasi gangguan yang akan muncul pada proses pengiriman pesan. Selain itu, komunikator yang baik akan bertanggung jawab memberikan tanggapan terhadap umpan balik (feedback) yang disampaikan oleh pihak penerima (receiver).



Komentar

Postingan Populer